Jumat, 12 November 2010

Tips Cara Mudah Pilih Air Minum Dalam Kemasan Galon

Krisis air minum memang terasa di daerah yang kekeringan air, di daerah yang sumber airnya tidak layak untuk untuk diminum dan di daerah yang orang-orangnya khawatir untuk minum air dari sumber air yang ada dengan barbagai alasan. Oleh karena itulah muncul produsen air minum dengan berbagai nama dan kandungan di dalamnya dalam harga yang bervariasi pula.
Salah satu sumber air minum produksi yang paling umum adalah air minum dalam kemasan berbentuk botol besar galon. Bentuk amdk galon kian digemari masyarakat karena lebih murah daripada ukuran botol kecil, juga lebih efisien dalam hal tempat dan tenaga. Berbagai macam merk amdk galon beredar di pasaran namun hanya beberapa saja yang berhasil menjadi pemimpin pasar yang mempunyai banyak pelanggan di seluruh Indonesia.
Dalam mengkonsumsi air minum dalam kemasan bentuk galon sebaiknya kita memperhatikan beberapa hal berikut ini agar terhindar dari berbagai hal-hal yang tidak diinginkan :
1. Pilih Produk Yang Baik dan Terjamin Ketersediannya
Jadilah langganan amdk yang sudah terbukti aman dikonsumsi warga sekitar dan mudah mendapatkannya sepanjang tahun. Mungkin untuk hari raya Idul Fitri akan mengalami stok kosong yang wajar karena para pengecer dan distributor banyak yang libur.
2. Hati-Hati Dalam Membeli
Jangan membeli di tempat yang warga sekitar kurang percaya, jorok dalam perlakuan maupun penyimpanan, sering bermasalah, tidak mementingkan kualitas, dan lain sebagainya. Jika perlu cek saja air minum yang dijual di laboratorium air secara berkala untuk diuji kelayakan untuk kita konsumsi.
3. Simpan Stok Dalam Jumlah Yang Cukup
Untuk menghemat waktu dan tenaga untuk ukuran rumah tangga kecil sebaiknya memiliki 5 (lima) galon amdk merek yang sama. Segera pesan galon yang baru jika stok galon penuh tinggal 2 atau 3 galon. Dengan demikian jika stok toko habis kita masih punya persediaan dan masih bisa mencari-cari ke toko lain tanpa kehabisan air minum. Bayangkan jika kita hanya punya satu atau dua galon saja di rumah.
4. Simpan Di Tempat Yang Baik
Simpanlah di tempat yang bersih, tidak berbau tajam, tidak terkena sinar matahari langsung, tidak menjadi sarang binatang, dan lain-lain. Salah menyimpan bisa merusak kualitas air yang akan kita minum. Kalau bisa simpan di tempat yang tertutup agar tidak kotor terkena debu.
5. Nama Besar dan Terkenal Tidak Selalu Paling Bagus
Meskipun terkenal dan dipercaya banyak orang, kita tetap boleh kritis. Kita tidak dilarang untuk menguji kualitas masing-masing air minum untuk mencari mana yang terbaik menurut kita. Merek-merek terkenal juga biasanya lebih banyak pelaku kejahatan yang membuat produk palsu yang tidak layak minum, sehingga mungkin saja kita mendapatkan produk palsu tersebut.
6. Beralih Secara Bijak Jika Terpaksa
Apabila memasuki saat-saat krisis seperti banyak beredar galon palsu, masa lebaran dan hari raya besar, distribusi macet, dan sebagainya kita harus segera mencari jalan keluar alias solusi yang terbaik. Bila sangat terpaksa sebaiknya kita beli saja amdk galon merk lain satu atau dua galon yang dituang ke dalam galon kita. Karena proses tuang menuang yang memungkinkan kuman masuk mencemari air minum, maka sebaiknya beli satu dua galon saja dan beli lagi kalau sudah habis.
7. Waspada Penuh Saat Konsumsi Air Minum
Perhatikan betul saat melihat galon, membuka segel, memasang galon ke dispenser air, dan ketika mengkonsumsi. Jika ada hal-hal yang mencurigakan segera teliti kembali air galon tersebut. Hentikan pemakaian jika sudah sangat mengkhawatirkan dan gunakan galon yang lain.
- Tambahan :
Beberapa contoh AMDK Terkenal :
Aqua, Vit, Cleo, Club, Prim-a, Ades, Monair, Nestle, Sanqua, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar